Taman Di Dalam Ruangan, Why Not!

Warna hijau memberikan efek yang mampu memberikan ketenangan bagi setiap orang yang melihatnya, terutama warna hijau alami yang terdapat pada tumbuh – tumbuhan. Sebuah rumah tanpa taman di sekitarnya akan memberikan kesan tandus, panas & kaku, oleh karena itu dimana pun kita melihat sebuah rumah, entah itu di kota atau pun di desa, entah di Indonesia atau pun di luar negeri, pasti rumah tersebut memiliki tanaman yang di tanam di depan rumah atau di sudut rumah atau mungkin hanya sebuah tanaman anggrek yang di gantung di dinding sebagai pemanis dinding.

Ya! kehadiran sebuah taman di sekitar rumah kita akan membuat hunian Anda menjadi makin cantik, indah, asri & meneduhkan mata bagi siapa pun yang melihatnya. Nah, bagi Anda yang hanya memiliki lahan kecil (terbatas) untuk sebuah taman, jangan khawatir, kami akan mencoba menyampaikan beberapa referensi taman mungil nan cantik yang dapat menjadi referensi favorit Anda dalam membuat taman di luar rumah atau pun di dalam rumah Anda.

1. Taman Indoor

Apabila rumah Anda memiliki area void yang dapat difungsikan agar sinar alami bisa masuk, ditambah lagi juga berfungsi sebagai area sirkulasi udara di dalam rumah, Anda bisa membuat taman mungil di dalam ruangan. Taman mungil ini akan memberikan efek yang meneduhkan hati setiap kali Anda rehat di rumah sekembalinya dari kesibukkan ditempat kerja.

Taman Mini Sederhana
Taman Mini Sederhana

Hijaunya tanaman tentu bisa membuat suasana rumah Anda menjadi sejuk dan segar. Nah, untuk mengganti rerumputan, Anda bisa menggunakan bebatuan atau kerikil untuk membuat taman kering. Karena dengan memakai bebatuan, tentu lebih mudah perawatannya dan Anda cukup menyiram tanaman di pot. Tapi jangan sampai lupa untuk memilih tanaman yang mudah perawatannya ya.

2. Taman Kecil & Kering

Desain taman kering satu cocok untuk hunian yang tidak memiliki luasan yang besar, yang dihadirkan untuk menyiasati space – space kecil yang tanggung fungsinya, sehingga bisa dialih fungsukan untuk menjadi sebuah taman indoor. Desainnya yang simpel, dihiasi dengan bebatuan besar dan kerikil berwarna cream atau putih ini bisa ditempatkan dalam ruangan mana pun yang sekiranya memiliki aliran udara alami yang cukup.

Taman Kering

Untuk itu Anda bisa mengkreasikan desainnya, sesuai dengan selera estetika dan kreativitas Anda untuk membentuk taman dalam ruangan. Di dekat taman Anda bisa menempatkan bangku dan meja untuk bersantai, sehingga area ini begitu sempurna untuk menciptakan area private yang nyaman dan hommy.

3. Taman Dibawah Anak Tangga

Area dibawah tangga seringkali ditutup dan di disain sebagai interior penyimpanan barang, nah, bagi Anda yang ingin memiliki sesuatu yang tidak biasa alias anti main stream, maka area tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai area tumbuh suburnya tanaman hias yang siap selalu untuk men-supply O2 bagi atmosfir di dalam rumah Anda.

Taman Dibawah Tangga

Dengan berbagai macam tumbuhan hias yang hijau dipadukan dengan batu – batuan alami dan ditempatkan diatas taburan kerikil berwarna, mampu memberikan kesan luas pada ruangan rumah Anda. Memberikan kesan hijau yang menyenangkan sebagai teman bisu dikala Anda berkumpul dengan teman – teman Anda. Dalam kesendirian saat di rumah, taman ini pun bisa menjadi teman setia pada saat Anda menyeruput kopi hangat yang nikmat.

4. Taman Belakang Rumah

Pada umumnya perumahan yang dibangun oleh developer selalu menyisahkan tanah kosong dibagian belakang. Luas tanah kosong ini sangat beragam, tergantung luas tanah kavling perumahan yang bersangkutan dan luas bangunan dari masing – masing kavling yang dijual. Bila Anda adalah salah satu dari jutaan orang lainnya yang memiliki rumah di sebuah perumahan dan ada tanah kosong dibagian belakang, maka Anda bisa gunakan lahan kosong tersebut sebagi void sekaligus sebagai taman belakang rumah yang akan membantu kesejukkan udara di dalam ruangan rumah Anda menjadi terjaga kestabilannya.

Taman Belakang Rumah

Taman dibelakang rumah bisa dibuat minimalis, atau pun menjadi taman tropis yang sangat hijau dan cukup rimbun. Tanaman tropis menganut konsep, semakin rimbun dan hijau semakin baik. Nah, dalam taman tropis, Anda bisa menggunakan sistem tanaman bertingkat, karena kontur tanaman yang bertingkat akan menghasilkan keindahan tersendiri. Pada sistem penataan ini, Anda dapat membagi susunan tanaman dalam beberapa tingkatan, sehingga kontur tanaman akan terlihat lebih menonjol.

5. Taman Mewah Nan Mahal

Sebagian orang tidak puas dengan hanya membuat taman secara minimalis, mereka menginginkan yang lebih, sehingga pembuatan taman di dalam rumah menjadi project tersendiri seperti halnya furniture & interior. Material pembentuknya pun dipilih yang memang mampu menonjolkan karakter dari taman yang dibangun.

Indoor Luxurious Garden
Luxurious Garden

Taman yang dibuat dengan fungsi sekaligus sebagai interior ruangan akan membutuhkan tempat yang cukup besar, karena penataan taman pasti akan di tata dengan model permainan masa (bertingkat) untuk menonjolkan kesan hiasan hijau yang serius namun dingin. Accessories akan banyak ditemukan di taman model seperti ini, juga berbagai macam lighting pasti akan di aplikasikan untuk mendapatkan pencahayaan yang eyes catching. Bagaimana ? tertarik ? untuk membuatnya ?

Leave a Reply

WhatsApp kami
%d bloggers like this: