Kelebihan Arsitek Dalam Hal Disain

Beberapa kelebihan seorang Arsitek dibandingkan dengan orang awam (yang bukan Arsitek), terutama menyangkut hal – hal yang berkenaan dengan kegiatan & proses yang harus dilakukan dalam men-disain sebuah rumah tinggal atau pun bangunan – bangunan komersial lainnya, adalah sebagai berikut :

1. Mampu Memilih Material Dengan Tepat Untuk Sebuah Bangunan

Memilih sebuah material dan memadukan material – material tersebut, ternyata bagi sebagian besar orang merupakan masalah yang susah untuk dipecahkan. Banyaknya material yang ada di pasaran serta desain yang kreatif membuat orang terpicu untuk lebih kreatif meng-adu manis-kan material dalam bangunan rumah. Setiap bahan/material yang ada di pasaran dibuat berdasarkan kebutuhan pasar baik secara fungsi estetika maupun fungsi secara tehnis. 

Pagar Concrete Mix Kaca
Pagar Concrete Mix Kaca

Contoh perpaduan material ini banyak sekali, antara lain :

  • Beton & Kayu, beton yang berwarna alami abu – abu dikombinasikan dengan kayu yang diberikan stain alami, sehingga perpaduan antara cool grey dengan warm wood memberikan kesan sesuatu yang alami mampu bersanding dengan produk engineering, menghasilkan perpaduan yang sangat menarik serta istimewa.
  • Kayu & Besi, melihat material besi pada sebuah disain interior atau pun disain arsitek, memberikan kesan kepada yang melihat, bahwa besi adalah material yang ringan namun kuat serta memiliki ke-akurat-an yang mumpuni. Sementara kayu dapat digunakan untuk melapisi material besi, sehingga timbul kesan kehangatan pada disain yang bersangkutan.
  • Besi & Bata Expos, perpaduan ke dua material ini akan memberikan kesan bahwa bangunan yang bersangkutan memiliki kekuatan yang tak lekang oleh waktu, seakan – akan bangunan tersebut telah berdiri ratusan tahun menyaksikan jutaan perubahan iklim di sekitarnya tanpa terpengaruh.
  • Batu & Kayu, masing – masing adalah material alam dan memiliki berbagai macam warna dari yang paling gelap hingga terang. Perpaduan ke dua material ini bisa saling mempertegas disain

2. Mampu Mengawasi & Mengontrol Proses Pembangunan Dari Awal Hingga Akhir

Perencanaan dan desain rumah yang baik tidak akan bisa optimal jika tidak dilakukan kontrol yang baik saat pengerjaan pembangunan rumah dilakukan. Idealnya, seorang arsitek akan memantau setiap perkembangan sebuah pembangunan/renovasi rumah. Mereka akan bekerjasama dengan seluruh tim konstruksi untuk membuat rumah sesuai dengan desain yang telah Anda setujui gambarnya. 

Arsitek Perempuan yang sedang menggunakan Augmented device.
Arsitek Sedang Menggunakan Augmented Device

Arsitek mempunyai peran penting dalam seluruh aspek proyek pembangunan rumah mulai dari desain, pengawasan konstruksi dan setiap prosedur penyelesaian proyek. Anda sebagai pemilik rumah dengan mudah bisa memantau setiap perkembangan pembangunan rumah. Arsitek akan memberikan dokumentasi setiap perkembangan pembangunan rumah sesuai dengan timeline yang disepakati. Arsitek juga akan memberikan gambaran tentang kendala yang terjadi di lapangan

Dengan memakai jasa arsitek kita sangat di mudahkan dalam mengontrol perkembangan dalam pengerjaan rumah

3. Mampu Menyusun Anggaran Biaya (RAB)

Seringkali kita mendengar orang yang sedang merenovasi rumahnya mengeluh mengalami over budget saat melaksanakan pembangunan rumahnya. Pernahkah Anda menanyakan kepada mereka, apakah mereka menggunakan jasa Arsitek ? atau di handle sendiri ?

Seorang arsitek, setelah membuat desain rumah, maka langkah selanjutnya adalah mendetilkan volume pekerjaan & menghitung perkiraan biaya yang akan dihabiskan untuk membuat rumah yang direncanakan sesuai dengan disain yang telah disetujui. Mereka akan meng update harga material yang digunakan, memperhitungkan metode kerja yang akan digunakan pada saat proses pembangunan serta menghitung jasa tukang yang dipakai dan memperkirakan juga berapa lama proyek akan selesai.

Pie Diagram Biaya Pembangunan Sebuah Rumah
Berapa Banyak Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Rumah

Dengan pengalaman & wawasan yang dimiliki oleh seorang Arsitek, Anda akan terhindar dari over budget, kecuali jika Anda memang melakukan pengembangan (perubahan disain) proyek diluar dari perencanaan.

4. Mampu Mendisain Tata Letak Ruangan Dengan Efisien

Dengan semua data yang berhasil dikumpulkan mengenai kondisi rumah lama (apabila pekerjaan renovasi), gaya hidup pemilik rumah & keinginan/mimpi pemilik rumah, seorang Arsitek akan mengolah semua informasi tersebut dan di blended dengan wawasan serta pengalamannya, juga mempertimbangkan segala aspek yang ada Secara keseluruhan, seorang Arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luas tiap ruangnya, di mana letak jendelanya, berapa tinggi pintunya, bagaimana hubungan antar – ruang, bagaimana supply pencahayaanya, bagaimana aliran udaranya, dan hal – hal detil lainnya. Beberapa arsitek bahkan juga memikirkan soal fengshui tiap ruangan agar bisa membawa hoki bagi pemiliknya.

Ruang Keluarga di Area Yang Cukup Sempit Namun Hommy Banget.
Ruang Family Room Yang Sempit

Tata letak yang baik dan tepat sasaran, akan sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang tidak memiliki area yang luas (lahan sempit) untuk membangun rumah. Arsitek akan memberikan alternatif – alternatif area tempat penyimpanan, interior yang tepat, ruang kamar yang optimal dan tempat – tempat penyimpanan barang – barang Anda sehingga ruang menjadi tampak lega

Leave a Reply

One thought on “Kelebihan Arsitek Dalam Hal Disain”

WhatsApp kami
%d bloggers like this: